Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

CARA MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET

1. Gunakan browser yang terpercaya
Walaupun saat ini semua sudah mulai beralih ke Google Chrome tapi ada juga yang masih menggunakan Internet Explorer. Jika Anda salah satunya sebaiknya gunakan browser lain yang memiliki reputasi baik seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Bisa jadi masalah bukan pada koneksi internet melainkan ada crash yang terjadi pada browser sehingga menyebabkan koneksi internet melambat. Jika perlu cobalah satu persatu seluruh browser yang Anda miliki mulai dari Chrome, Firefox, Opera bahkan Rockmelt.
2. Tweak Router
Jika Anda menggunakan router, mungkin dapat mempercepat koneksi internet dengan menyesuaikan pengaturan router. Memang banyak sekali jenis router yang beredar saat ini, jadi tidak mungkin akan kami jelaskan satu persatu disini. Sebaiknya cobalah meminta saran kepada seorang ahli jaringan internet untuk melakukan tweak agar bisa menggunakan port yang meningkatkan koneksi internet. Jika Anda mau cobalah cari cara tweak router melalui mesin pencarian Google untuk menemukan jawabannya.
Sebelum melakukan tweaking pada router pastikan kemampuan diri Anda pada tindakan ini, kalau ada kesalahan bisa – bisa koneksi internet bukan bertambah cepat malah semakin lambat dan tidak stabil. Hal mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba restart router Anda. Kadang – kadang tindakan sederhana ini bisa menjadi cara mempercepat koneksi internet.

3. Hubungi penyedia layanan internet
Jangan panik bila gangguan internet sedang Anda alami saat ini bisa jadi memang sedang ada gangguan secara global. Coba hubungi teman Anda yang menggunakan provider sama, apakah memiliki masalah seperti yang Anda alami. Bila sudah tapi hanya di jaringan koneksi internet Anda coba hubungi penyedia layanan internet yang Anda gunakan suruh untuk memeriksa apakah mereka sudah melakukan pekerjaannya dengan baik terhadap layanan yang Anda bayar. Mungkin saja paket yang Anda gunakan saat ini sudah melebihi batas quota pemakaian wajar sehingga koneksi internet tiba – tiba turun drastis menjadi lambat.
Solusinya yaitu dengan cara meningkatkan paket layanan data menjadi lebih tinggi. Bila kebutuhan Anda cukup besar sebaiknya mulailah menambah anggaran perbelanjaan koneksi internet yang berguna untuk menunjang aktivitas kerja Anda.

5. Mengatur bandwidth
Bila Anda maniak terhadap aplikasi yang semuanya terhubung dengan internet cobalah untuk mengatur seluruh bandwidth yang digunakan aplikasi tersebut. Bisa jadi aplikasi yang berjalan pada background tersebut tidak sedang Anda gunakan tapi menyedot koneksi internet, misalnya seperti Windows Update, Windows Live Messenger, Skype, Real Player, Adobe Reader Update atau software lainnya. Jenis aplikasi yang kami sebutkan tadi kebanyakan secara otomatis menyedot bandwidth bila ada sambungan internet yang kita gunakan.
Cara mengatasinya yaitu gunakan Task Manager, gunakan naluri Anda manakah yang sekiranya tidak terlalu penting atau berjalan tidak sesuai keinginan Anda matikanlah proses aplikasi tersebut satu persatu. Telitilah barangkali ada sejenis Malware atau spyware yang menguras bandwidth koneksi internet Anda.

4. Mencegah akses yang tidak diinginkan

Apakah Anda menggunakan koneksi internet nirkabel, wifi misalnya ? Jika ya, pastikan bahwa koneksi internet yang Anda gunakan bebas dari para pengguna tak diundang yang mencuri koneksi internet Anda. Semakin banyak orang yang mengakses koneksi Anda maka semakin lambat jatah koneksi yang Anda gunakan. Cara mengakalinya yaitu settinglah Wifi dengan menggunakan password WEP untuk menghentikan pengguna yang tidak diinginkan tersebut. Bila memungkinkan aturlah menggunakan enkripsi WPA.
6. Lakukan perawatan pada PC
Bisa jadi masalahnya bukan pada koneksi internet melainkan komputer yang Anda gunakan sudah usang atau sedang dalam kondisi tidak fit. Cobalah merawat komputer mulai dari disk cleanup dan defrag, perbagikan regsitry, memantau start up item, dan optimasi Windows.Selain mempercepat koneksi internet cara ini bisa mempercepat komputer yang Anda gunakan. Cara tersebut bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menggunakan aplikasi bawaan Windows 7 yang berada di folder Accesories.
Sebenarnya masih banyak cara mempercepat koneksi internet yang lain yang akan kami bahas selanjutnya. Untuk kali ini kami hanya menjelaskan beberapa dasar perawatan dasar saja. Pada intinya layanan provider bukanlah satu – satunya faktor yang membuat lambat koneksi internet yang kita gunakan saat ini tapi ada berbagai faktor juga yang mempengaruhinya. Bila kita sabar dan teliti, cobalah untuk belajar memahami komputer yang kita miliki. Sama halnya dengan manusia, bila tidakdirawat maka komputer yang kita gunakan akan berontak dan akhirnya membuat kita susah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Untuk mempercepat koneksi internet dengan hp android biasa apa bisa di upgrade jaringannya ke 4G.. Jika bisa menggunakan aplikasi apa yah...

Shella mengatakan...

salam mas.


Sekedar tambahan untuk mempercepat koneksi internet, bisa menggunakan suatu situs tertentu, misal dengan situs bawaan google yaitu googleweblight.com

caranya buka situs tersebut, kemudian letakkan url yang mau dituju.

selengkapnya disini http://cellullerbjm.blogspot.co.id/2017/06/mempercepat-koneksi-internet.html

dijamin dengan cara tersebut 4x lipat lebih cepat.

salam blogger

andreas mengatakan...

makasih trik dan tipsnya gan, sangat bermanfaat. sukses terus !!
solder uap

Posting Komentar